Latar Belakang

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen, dan setiap tahun dosen wajib membuat laporannya. Pada pasal 1 butir 11 dari Undang-undang nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dinyatakan bahwa Pengabdian kepada Masyrakat (PkM) adalah kegiatan yang dilakukan sivitas akademika dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat difokuskan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat, yang mencakup masyarakat umum, industri, dan pengusaha mikro, kecil dan menengah.

Tujuan

Tujuan program Pengabdian Masyarakat adalah:

  1. Meningkatkan peran dan partisipasi STIE BISMA LEPISI dalam membangun kesejahteraan masyarakat, terutama untuk pengentasan kemiskinan, baik bagi masyarakat yang tertinggal secara ekonomi, maupun secara politik, sosial, danbudaya.
  2. Mendiseminasikan hasil-hasil PkMSTIE BISMA LEPISI yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat daya saing industri nasional, dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat umum.
  3. Memberikan saran dan solusi berdasarkan kajian akademik terhadap kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidaklangsung.
  4. Membangun dan mengembangkan kelompok-kelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dalam rangka mendukung programPemerintah Daerah.

BentukKegiatan

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat pada dasarnya dapat dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan sesuai dengan keahlian, dan/atau otonomi keilmuan dosen dengan melihat kondisi sosial budaya masyarakat.Semua kegiatan yang dilakukan untuk membantu mengurangi persoalan di masyarakat dan atau membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program-program sosial, ekonomidan budayayang dibutuhkan masyarakat.

Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan sangat ditentukan oleh tujuan, target luaran dan atau kebutuhan masyarakat. Contoh program yang termasuk ke dalam program-program Pengabdian kepada Masyarakat antara lain :

  1. Pendampinganpengembangan usaha kecil menengah
  2. Peningkatan kemampuan dan keterampilan masyarakat
  3. Pengembangan rumah baca atau perpustakaan bagi masyarakat
  4. Pemberdayaan perempuan, terutama perempuan pada usia produktif yang berasal dari kalangan kurangmampu.
  5. Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS)
  6. Penghijauan lingkungan dengan program hidroponik

Kegiatan Pengabdian Masyarakat sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berkelompok dan melibatkan berbagai bidang ilmu (multidisiplin), sehingga dapat membantu mengurangi persoalan-persoalan yang terjadi pada mitra.

Luaran

Luaran program Pengabdian Masyarakat dapat berupa:

  1. Peningkatan kemampuan keterampilan masyarakat.
  2. Pemberdayaanmasyarakat.
  3. Metode untuk meningkatkan kualitas, efisiensi produksi, pemasaran,dsb.
  4. Produk jasa dan atau produkbarang.
  5. Paten / HAKI.
  6. ArtikelIlmiah.
  7. Peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat.

Luaran dari program Pengabdian Masyarakat sangat diharapkan dapat memberi dampak pada:

  1. Perubahan pola kebiasaan masyarakat,
  2. peningkatan produktivitasmitra,
  3. peningkatan kemampuan akademis terhadap kelompok masyarakat/usahamikro,
  4. peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, pengetahuan dan seni di perguruan tinggi STIE BISMA LEPISI.
  5. peningkatan kualitas hidup masyarakat
  6. Selain itu, hasil program Pengabdian Masyarakat dapat didesiminasikan dalam bentuk artikel dan dipublikasikan melalui JurnalCakrawala STIE BISMA LEPISI atau Jurnal terakreditasi.